Budaya

Barongsai

Tanggal 29 Januari 2010 adalah hari bersejarah buat saya dan Aa.

Kami akhirnya menonton pertunjukan barongsai secara langsung! LIVE! Di Jatinangor Town Square – Jatos (baca: tempat gaulnya anak-anak Jatinangor :D)

Sebenarnya ngga sengaja, kita ke Jatos buat belanja beberapa barang di SuperIndo. Eh ternyata pas lewat, di lantai bawah Jatos lagi ada orang-orang yang nyiapin barang-barang untuk pertujukan barongsai. Ada yang lagi pemanasan juga. Wah.. Hore!! Kita berdua sama-sama belum pernah nonton barongsai live sebelumnya. Jadi bersemangat sekali pengen nonton. Bahkan kita diem dulu disana buat nontonin yang lagi latihan & siap-siap.. :D

latihannya aja udah keren.. ;)

Jadi inget, saya sudah lama sekali ingin nonton barongsai secara langsung. Biasanya cuma lewat tv. Di TV saja udah deg-degan kalo liat barongsai jumpalitan atau loncat-loncat. Ternyata lebih seru lagi kalau nontonnya langsung. Saya aja sampai ikutan teriak-teriak. Hehe.. Hebat banget sih, loncat-loncat di atas tiang begitu.. Salut sama pemain barongsainya. Mereka pasti harus kompak banget satu sama lain. Kalau ngga, gimana bisa mereka jumpalitan di udara begitu..

Satu yang bikin nyesel (terutama buat Aa) adalah.. Kita ga bawa kamera! Padahal Aa pengen foto-foto pake SLR-nya. Jadi kita ambil gambar & videonya pake hp aja deh. Ga maksimal, tapi yang penting ada kenangannya.. :) Ini beberapa fotonya :

wow!
WOW! wooooow!
melayang..
di awal pertunjukan, mereka berputar di arena, membawa Merah Putih. :)

Kalau kata Wikipedia, barongsai udah eksis dari tahun 420-589 Masehi. WOW! Udah lama banget dong ya.. Di Indonesia barongsai (dan segala atribut etnis Tionghoa) pernah dilarang, dan baru diperbolehkan muncul kembali di depan masyarakat umum waktu kepemimpinan Presiden Gus Dur. Hmm.. Thanks to him, saya jadi bisa nonton barongsai ini LIVE di JATOS! :)

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s