Uncategorized

Saya, Nasionalis?

Beberapa waktu yang lalu, dalam dua hari saya mendapat dua kali sebutan “nasionalis”.

Pertama, dari seorang senior di Hubungan Internasional UNPAD. Dia sekarang bekerja di Kementerian Luar Negeri RI sebagai diplomat, namanya Kang Yopin. Kebetulan saat itu saya sedang mengisi “my favorite cities” di aplikasi “cities i’ve visited” di Facebook. Dan dengan kesungguhan yang amat sangat, berikut ini 5 kota yang menjadi favorit saya :

  1. Bandung, Indonesia
  2. Yogyakarta, Indonesia
  3. Aberdeen, United Kingdom
  4. Tokyo, Japan
  5. Paris, France

Dan saat itu Kang Yopin memberi komentar di post saya ini. Katanya : “First two are in indo, very nationalistic :)”

Kedua kalinya saya disebut nasionalis dalam dua hari berturut-turut itu waktu saya bilang saya ingin beli sweater yang ada tulisan INDONESIA-nya. Itu, yang seperti dipakai oleh atlet-atlet. Kan keren.. Waktu saya bilang sama Aa Wirya, dia bilang : “Wah, teteh jadi nasionalis ya..”

Saya beruntung bisa punya pengalaman membawa nama Indonesia untuk beberapa acara internasional. Saya bangga karenanya. Dan kata orang, kita akan lebih merasa memiliki nasionalisme yang tinggi apabila kita pernah membawa nama bangsa di dunia internasional. Hmm.. Iya juga sih. Bangga rasanya ketika ada Garuda di dada kita. :)

saya cinta Indonesia!

  • Saya jadi merinding (bahkan bisa menangis) kalau dengar lagu-lagu nasional, apalagi Indonesia Raya.
  • Saya suka sebel kalau ada orang yang jelek-jelekin Indonesia.
  • Saya merasa tinggal di Indonesia itu paling enak. (tetapi kampung dan halamanku, disanalah ku rasa senang..)
  • Saya dengan penuh keyakinan akan bilang : “Saya Cinta Indonesia!
  • Saya cinta makanan Indonesia (ini sih dari dulu.. hehe..)
  • Dan lain-lain

Hmm.. Tapi gimana ya ukuran nasionalis sebenarnya? Saya belum sampai sana sih kayanya..

Duta Muda Indonesia untuk Program Kapal Pemuda ASEAN-Jepang 2008

5 thoughts on “Saya, Nasionalis?

Komentar

