Yang Sering Terjadi

Kuncinya, Membaca & Menyimak Informasi!

Ada yang bikin saya ‘kesal’ belakangan ini.

Jadi, saya sekarang lagi jadi kontak untuk informasi dan registrasi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2010 untuk seleksi provinsi Jawa Barat. Saya memoderatori blog PCMI Jabar, menjawab pertanyaan via e-mail, dan menerima formulir pendaftaran yang masuk. Dalam waktu kurang dari 2 minggu, pengunjung blog sudah mencapai 5500 lebih! :D

Tentu saja banyak pertanyaan yang masuk lewat blog & e-mail. Dan saya, dengan senang hati menjawabnya. Tapi ternyata tidak semuanya bikin saya senang. Lama-lama saya cukup ‘kesal’ sama komentar dan pertanyaan yang seharusnya tidak perlu ditanyakan, karena sudah dengan jelas ditulis di blog.

Misalnya :

“Mba/Mas, programnya nanti berapa lama ya?” (jawaban sudah ada di tulisan yang dia komentari)

“Kang/Teh, umur saya sekarang belum 20 tahun, boleh ikut ga?” (sudah jelas bahwa program untuk usia 20-30 tahun. ya ngga boleh lah..)

“Kalau saya ngga punya KTP Jabar, boleh daftar disini ga?” (sudah jelas juga tertulis di blog)

Hmm.. Bahkan di e-mail registrasi pendaftaran pun ada aja yang salah. Jadi, kami sudah menyediakan formulir untuk diunduh, dan disana sudah jelas ditulis apa saya yang harus dikirim via e-mail. Tapi ternyata, saya menerima e-mail yang isinya CV bikinan dia sendiri, sama sekali berbeda dengan yang kami minta. Bahkan dia tidak mengirimkan jawaban dari pertanyaan yang kami ajukan.

Duh, bagaimana mau lolos seleksi kalau masalah administrasi (yang sering dianggap enteng) aja salah. -_-“

Semuanya terjadi karena tidak membaca informasi dengan jelas. Sering banget sih sebenernya kejadian begini di kehidupan kita.  Salah nulis subjek untuk tugas mata kuliah, salah kostum karena ngga baca dresscode di undangan, salah belok karena baca petanya kebalik (utaranya bukan di atas), dan banyak lagi.

Seharusnya kesalahan kecil-tapi-bisa-berakibat-fatal ini tidak harus terjadi kalau kita teliti. Kuncinya, baca dan simak informasi dengan jelas. Bukan hanya sekilas atau cuma baca awal dan akhirnya saja. Kalau ada info yang terlewat kan sayang.. Bakal bikin nyesel nantinya. Dan yang pasti, hasilnya nanti ga akan maksimal.

Saya juga bukan orang yang selalu membaca informasi dengan benar. Dan berarti saya juga pasti pernah bikin orang yang terkait kesal. Maaf ya.. ;)

Beruntung karena tugas saya kali ini membuat saya lebih sadar bahwa segala informasi, sekecil apapun harus diperhatikan. :)

8 thoughts on “Kuncinya, Membaca & Menyimak Informasi!

  1. hihihi baca curhatan mu ini sepertinya sudah mewakili curhatan ku dari tahun kmarin dech nti..hihihihi xD

  2. iya ya ti, kecil tapi berpengaruh besar…
    kayanya kita semua harus membiasakan diri untuk detail deh (termasuk aku,ik ik ik) biar ga repot dikemudian hari.

Komentar

