Uncategorized

Gempa (lagi).

Pagi ini, selesai shalat shubuh, saya mendengar berita mengagetkan : gempa (lagi) di Nanggroe Aceh Darussalam. Gempa 7,8 skala ritcher, di Aceh, dan berpotensi tsunami. Katanya kerasa sampai ke Medan dan Sumbar. Teman dari Malaysia juga bilang kalau di Penang juga terasa.

Fyuh. Baru denger gempa aja saya udah deg-degan. Trauma juga sih ngeliat berita-berita gempa di tv. Beberapa saya rasakan langsung, yang paling kerasa waktu gempa di Tasik beberapa bulan lalu. Itu sih kerasa banget di rumah, sampai-sampai ada lantai di ruang tengah yang retak..

Waktu itu saya lagi ngetik di ruang tamu rumah. Tiba-tiba semua di sekitar saya bergoyang. Ditambah bunyi ‘keretek-keretek’ dari pajangan-pajangan di ruang tamu. Dan dengan dodolnya, waktu itu saya malah sempat mikir : “eh, ko tiba-tiba rasanya kaya waktu di kapal dulu ya, kaya sea-sick..” Baru beberapa detik kemudian saya sadar kalau itu gempa! Setelahnya langsung keluar rumah sama Ibeng &  Bapa.

lantai ruang tengah rumah retak pas gempa..

Gempa kedua yang saya rasakan kehebohannya itu waktu gempa di Pandeglang, Banten. Waktu itu saya lagi di PPPON Cibubur untuk Pre-Departure Training SSEAYP 2009. Di tengah-tengah sesi, tiba-tiba salah seorang peserta dari Papua Barat, Anny, berdiri dan langsung berlari ke arah pintu keluar sambil bilang : “mba, mas, gempa..” Sebenernya kita (alumni & peserta lain) ga ada yang sadar. Tapi gara-gara Anny bilang gitu, kita diem dulu untuk beberapa saat dan.. Iya, lampu & layar ternyata goyang-goyang. Wuih.. Langsung deh peserta dievakuasi keluar gedung. Sempat terjadi kehebohan karena di aula bawah ada puluhan pelajar SMA yang lagi training juga. Heboh deh..

Sampai di luar, peserta dikumpulin di satu titik. Yang paling terlihat panik itu Iiel, wakil dari Sumatera Barat. Wajar sih, soalnya beberapa minggu sebelumnya kan dia baru ngerasain gempa dahsyat di Padang. :( Setelah kondisi kondusif, peserta naik lagi ke ruang sesi. Dan karena ini PDT nya IPY, tetep ya.. Sebelum naik, baris dulu dong.. :D

tetep ya, sebelum naik lagi, baris dulu.. :D

Yang paling bikin trauma tentu saja gempa & tsunami di Aceh, Desember 2004. Duh, waktu itu setiap liat berita di tv pasti ada aja air mata yang keluar. :(

Jadi inget lagunya Sherina – Indonesia Menangis. Lagu pas tsunami Aceh.  Tadi liat videonya di youtube, dan sumpah, merinding banget..

Hhh.. Indonesia memang berada di lokasi yang rawan bencana-bencana alam seperti gempa & tsunami. Yang bisa kita lakukan? Berdoa.. Semoga tidak ada lagi bencana-bencana yang memakan korban di bumi Indonesia ini, di dunia ini. Amiin.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s