Kanak-Kanak

Sedikit Pesan dari Kakek A.T. Mahmud

Tadi pagi saya menonton berita Seputar Indonesia Pagi. Terus ada liputan tentang A.T Mahmud. Di akhir liputan, ada wawancara dengan beliau. Beliau ditanya apa pendapatnya tentang fenomena anak-anak Indonesia sekarang yang lebih menggemari lagu orang dewasa ketimbang lagu anak-anak. Dan beliau menjawab dengan tegas :

“Jangan salahkan anak-anak, salahkan kalian!” – diucapkan sambil menatap para wartawan yang bertanya.

Secara langsung beliau ‘menyentil’ kita, orang dewasa, atas fenomena ini. Kenapa?

Pertama, saat ini tidak ada lagi penyanyi anak-anak yang bernyanyi lagu anak-anak yang anak-anak sekali. Nah loh, bingung kan kalimatnya? Lihat saja, banyak ajang kompetisi menyanyi anak-anak seperti Idola Cilik atau Mama Mia, tapi yang mereka nyanyikan lagu orang dewasa. :( Ada juga penyanyi atau band anak-anak, lagunya anak-anak sih, tapi ‘isi lagu’nya ngga ada.

Kedua, saat ini program-program di televisi kebanyakan didominasi oleh sinetron, komedi slapstick, reality show yang lebay, atau berita kriminal. Tidak ada lagi Tralala Trilili bersama Kak Fery, Indra Bekti & Agnes Monica. Atau Ci..Luk..Baaa.. nya Maissy. Otomatis, tidak ada lagi produser yang mau membiayai video klip anak-anak. Mau ditampilkan dimana video klip mereka?

Saya jadi flash back ke masa kecil saya. Alhamdulillah, saya beruntung lahir di generasi yang punya banyak penyanyi anak-anak, lagu anak-anak, acara TV anak-anak. Saya masuk sekolah diiringi Kembali ke Sekolah-nya Sherina, bermimpi pergi ke luar negeri lewat Balon Udara-nya Sherina, belajar menabung bersama Saskia & Geovani, bernyanyi dan  menari lagu-lagunya Trio Kwek-Kwek, Trio Laris, Bondan Prakoso, Agnes Monica, Eza Yayang, Joshua dan banyaaak lagi. Senangnya.. :)

Saya semakin sadar kalau kita sekarang miskin lagu anak-anak ketika saya punya ponakan. Sedih, ngga ada lagu baru yang bisa saya ajarkan ke mereka. Jadilah playlist mereka saat ini ya lagu-lagu saya dulu. Favorit mereka sama seperti saya, lagu-lagu di album pertamanya Sherina. :)

Saya ingin berterima kasih sebesar-besarnya kepada A.T. Mahmud, Papa T. Bob, Elfa Secioria, Bu & Pak Kasur, dan semua pencipta lagu anak-anak. Mereka hebat sekali! Lagu-lagu mereka melegenda. Penuh makna. Dan sampai sekarang masih disukai anak-anak. :)

Selamat jalan kakek A.T. Mahmud, semoga kebaikan kakek selama di dunia dan dedikasi yang begitu luar biasa terhadap dunia anak-anak mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amiin. :’)

Doakan kami ya kek, semoga ‘kesalahan’ kita yang diingatkan oleh kakek diatas bisa dibayar secepatnya ya..

Abdullah Totong Mahmud, 1930-2010
Abdullah Totong Mahmud (1930-2010)

2 thoughts on “Sedikit Pesan dari Kakek A.T. Mahmud

  1. iyaa.. kita memang beruntung..
    bisa dibilang sebagai generasi teraakhir yang menikmati lagu2 demikian langsung dari para penciptanya. yaudah deh yuk, kita bikin lagu anak2 aja yuuukkk…

    1. susah loh dis, bikin lagu anak-anak yang berjiwa anak-anak dan anak-anak sekali itu..
      liat deh lagu-lagu anak-anak sekarang kan kalaupun ada juga aneh-aneh. -_-
      gih dis, bikinin lagu.. :D

Komentar

