Apa Saja · Indonesia · Keluarga · Yang Sering Terjadi

Mendambakan Mudik

Kata mudik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata udik (kampung, pedalaman, hulu sungai). Jadi kurang lebih mudik berarti pulang ke kampung halaman.

***

Terlalu cepat untuk membicarakan mudik? Ah ngga juga.. Sekarang udah banyak berita tentang sulitnya mendapat tiket mudik. Tiket kereta api yang ada harganya udah sama dengan tiket pesawat (yang bikin salah satu teman saya berpikir ulang untuk mudik tahun ini). Stasiun kereta api juga setiap hari penuh sama orang yang ngantri beli tiket. Jalan-jalan lintas kota mulai diperbaiki lagi. Promo mudik gratis juga mulai ramai dimana-mana.

Hmm.. Mudik ya.. Saya, selama 22 tahun hidup saya, belum pernah merasakan mudik. -_-‘ Karena kalau merujuk ke definisi dari KKBI itu, mudik kan berarti pulang ke kampung halaman, nah keluarga besar saya dari Ibeng & Bapa dua-duanya asli dari Bandung (oke, kalau Bapa dari kabupaten Bandung. :D). Jadilah 22 tahun ini saya mudiknya di Bandung-Bandung saja. Malah rumah eyang saya di daerah Dago, artinya lebih KOTA daripada tempat tinggal saya. :D

Makanya, dari kecil saya suka ‘sirik’ sama teman-teman yang punya tempat mudik. Kayanya seru ya.. Mulai dari persiapan mudik, perjalanannya, nungguin macetnya, sampai akhirnya ketemu keluarga besar di kampung halaman sana.. Pasti kegiatan ini jadi salah satu kegiatan yang ditunggu sepanjang tahun deh. Apalagi buat anak-anak kostan.

Eh tapi walaupun ngga pernah mudik bukan berarti saya tidak pernah merasakan dampak dari mudik loh ya.. Secara rumah saya kan di daerah jalan lintas kota, jadiiiiii ya saya kebagian juga dampak macetnya. :O Eh iya Ramadhan tahun lalu di perjalanan pulang, saya pernah kejebak macet. Dan saya sempat mengabadikannya.. Tapi macetnya ngga terlalu terlihat sih. Hehe..

 

mudik? :D
mudik? :D

 

Sebenarnya saya masih lumayan, ‘mudik’nya dari rumah (di kabupaten) ke rumah eyang di Dago (kota). Sepupu saya bahkan ada yang ngga kemana-mana karena rumah kedua eyangnya dan rumah dia sendiri di Dago. :))

Selamat mempersiapkan mudik ya bagi teman-teman yang akan mudik.. Selamat berburu tiket! Jangan beli dari calo yaaa.. (kalau ngga terpaksa :D)

Yaaa.. Walaupun banyak yang bilang mudik itu melelahkan (terutama macetnya), saya masih berharap suatu saat nanti saya bisa merasakan mudik. Saya mendambakan mudik! Doakan saya! :D

One thought on “Mendambakan Mudik

  1. selamat pagi.salam kenal
    bwt yg mudik, slmat jalan.pererat silaturahmi dgn sanak keluarga di kampung, asal ibadahnya jgn tertinggal slm di prejalanan..
    Jgn lupa bawa oleh2 mudik.cari yg murah namun unik,exklusif dan ga banyak dipasaran,mampir saja ke blog saya utk melihat2 koleksi oleh2nya, muda2an bisa membantu anda
    Perhatikan keselamatan ya bwt teman2 yg mudik…syg ga bisa ikut mudik..gini de nasib bukan perantauan..ga punya kampung yg didatangin..:D

Komentar

