Saya Suka!

Bermain Kertas Yu..

Dulu saya pernah melihat liputan tentang papercraft (atau paper toy, paper model, paper replica). Lucu banget, bikin berbagai macam mainan dari bahan dasar kertas. Ada yang bentuknya 2 dimensi atau 3 dimensi, ada yang hanya gunting-lipat sampai yang harus gunting-lipat-tempel-bentuk-gunting-tempel-lipat-dan seterusnya. Ribet banget deh. :D Eh terus di kampus juga pernah ada yang bikin stand mainan ini di salah satu acara. Tertarik banget! Tapi belum pernah dicoba.. Waktu di kapal Nippon Maru juga ada paper model -nya si kapal. Tapi sayang mau dibikinnya juga, kalau gagalnya ngga bisa diganti.. Secara kapalnya udah ngga dipake buat SSEAYP lagi sekarang.. T_T (curhat. :D)

Nah, beberapa hari yang lalu saya lagi stumbleupon Nippon Maru. Lalu muncul website yang ada paper model kapal yang dinamain Nippon Maru. Saya buka deh. Ternyata itu Nippon Maru-nya generasi jaman purba kayanya. :D Hehe, soalnya masih bentuk kapal tradisional gitu. Yang bikin saya tertarik karena di situs itu banyaaaaaak sekali pola mainan kertas. Iseng-iseng, saya unduh salah satunya (yang terlihat paling mudah :D). Bentuk 2 jerapah dan latar belakangnya. Saya langsung print, dan mulai mengerjakan polanya. Eh beneran gampang karena cuma gunting-lipat aja, ngga ada tempel-menempelnya. YEAY! Akhirnya dalam waktu singkat, saya bisa menyelesaikan mainan kertas pertama saya.. :) Ini fotonya:

 Gigi dan Jeje
Gigi dan Jeje

Lucu ya.. Saya namakan mainan kertas pertama saya ini: GIGI the giraffe. :) Isinya ada Gigi dan Jeje. (nama Jeje ini ‘permintaan’ Mas Aa.. jadi buat teman saya yang bernama Jeje harap jangan tersinggung atau malah GR. :D)

Yang namanya sesuatu yang baru sering bikin ketagihan. Saya yang merasa pola jerapah ini gampang banget (iya, cuma gunting-lipat!), pengen nyoba bikin mainan lain yang lebih ribet. Jadilah saya membuat mainan kertas kedua saya, under the SEA. Difotonya pake efek under water biar kaya di dalam air betulan. :):

Baba dan Dudut
Baba dan Dudut

Ini isinya akuarium, 2 tanaman laut dan 2 ikan badut. Lucuuuuuu.. Kemarin sih belum dikasih nama. Ini lagi ngetik tiba-tiba ada ide, namanya Baba dan Dudut aja deh. :D Nah kalau yang ini meningkat kesulitannya daripada si jerapah. Soalnya harus gunting-tempel-lipat-tekuk.

Dan sekarang kayanya saya mulai menggemari mainan kertas ini deh. Nanti mau nyoba bikin polanya sendiri ah.. :)

Yu cobain mainan kertas. Rame, melatih kesabaran, dan begitu liat hasilnya seneng banget deh. Liat aja saya, langsung foto-foto. :D

7 thoughts on “Bermain Kertas Yu..

    1. halo! :)
      wah saya juga baru mulai nih. cari aja di internet, banyak banget ko situs yang menyediakan free download pola-pola paper craft.
      selamat mencoba! :)

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s