Apa Saja · Budaya · Yang Sering Terjadi

Selamat Lebaran dari Masa ke Masa

Kartu Lebaran, e-mail, e-card, SMS, Friendster, Facebook, Twitter, …

Waktu SD-SMP, saya seneng banget nyiapin kartu Lebaran. Kadang beli, kadang bikin sendiri. Ngga lupa beli perangko dan dikirimin via Kantor Pos. Yang dikirimin kartu Lebaran biasanya teman-teman terdekat.. Biasanya ngga sabar kalau udah mau deket Lebaran dan setelahnya. Nunggu Pak Pos dateng nganterin kartu Lebaran dari teman-teman.. :)

Waktu SMP akhir sampai awal SMA, internet mulai ‘terkenal’, kartu Lebaran perlahan ditinggalkan, dan berganti dengan ucapan selamat Lebaran via e-mail. Kadang menggunakan e-card gratisan yang banyak ditemukan di internet..

Pertengahan SMA, saat handphone mulai jadi ‘barang biasa’, ucapan Lebaran dikirim via SMS. Kata-katanya heboh, puitis, lucu, pokonya berusaha beda dari yang lain. Lucu juga ucapan via sms ini, soalnya ada aja kasus ‘perputaran SMS’. Misalnya: saya  mengirim sms Lebaran ke A, lalu A forward SMS itu ke B, eh si B ternyata forward SMS itu ke saya.. :D

Di akhir SMA sampai sekarang, yang paling juara adalah ucapan selamat Lebaran via situs jejaring sosial. Yup, mulai dari Friendster, Facebook, sampai sekarang Twitter.

Eh iya, di tengah-tengah perubahan zaman itu, masih ada yang setia ngirim kartu Lebaran ke saya loh.. Keluarga Paduan Angklung SMAN 3 Bandung (KPA3), ekskul saya waktu SMA (sampai tahun lalu sih) masih rutin mengirimkan kartu Lebaran ke alumni-alumninya. Tahun lalu sudah tahun ke-7 saya mendapat kartu Lebaran dari KPA3. Hmm, tahun ini masih ada ga ya? Kita lihat nanti yaa, biasanya kartunya nyampe beberapa hari setelah Lebaran. :)

Kalau dilihat, perubahan tradisi ucapan selamat Lebaran ini semakin berkembang di tahun 2000-an, waktu handphone dan internet mulai jadi barang primer. Pertanyaannya, setelah ini apa lagi ya? Mungkin kembali ke ucapan selamat Lebaran via Merpati Pos? :D

4 thoughts on “Selamat Lebaran dari Masa ke Masa

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s