Masakan · Saya Suka!

Nikmatnya Makan Masakan Sendiri :)

cumi saus padang a la antartika! :)
cumi saus padang a la antartika! :)

Haloooooo.. Foto diatas adalah menu makan siang saya hari ini. Cumi saus padang a la antartika! :) Enak loh enak loooh.. Beneran deh. :)

Jadi nih, beberapa hari ini saya ngidam pengen makan cumi. Cumi dalam bentuk apapun deh. Yang pasti rasanya pedas dong.. ;) Nah, kebetulan kemarin Farah Quinn di TransTV masak masakan dari cumi begitu. Jadi terinspirasi untuk masak cumi sendiri deh. Akhirnya pagi tadi saya belanja cumi ke warung deket rumah. Ngga banyak, cuma 1 bungkus (6 ekor cumi basah). Niatnya mau masak cumi saus padang. Ngga tau juga sih, ini saus padang beneran atau bukan. Hehe.. Pokonya di bayangan saya saus padang itu warnanya merah. Jadilah saya bereksperimen masak cumi saus padang ini. :)

Bahan-bahannya sangat sederhana. Semuanya yang biasa ada di dapur:

  • cumi basah
  • bawang putih
  • bawang merah
  • bawang bombay
  • jeruk lemon
  • cabe merah
  • cabe rawit
  • jahe (seharusnya dan enaknya sih.. tapi tadi  ngga ada jahe di rumah..)
  • garam
  • gula
  • terasi udang
  • bumbu penyedap
  • saus sambal
  • saus tomat

Nah kalau ini masakan lain yang 2 hari lalu saya masak: nasi goreng teri medan bumbu  saus tiram a la antartika! :D

nasi goreng teri medan bumbu saus tiram a la antartika! :)
nasi goreng teri medan bumbu saus tiram a la antartika! :)

Lagi-lagi bahannya mudah:

  • nasi putih
  • teri medan (saya kemarin kebetulan pakai teri medan yang udah diasinkan & digoreng)
  • bawang putih
  • bawang merah
  • cabe rawit
  • garam
  • penyedap (kalau mau)
  • saus tiram

Eh eh eh, jangan harap (setidaknya sampai saat ini) saya akan memberikan detail takaran bumbu-bumbunya ya.. Seperti sudah pernah saya tulis disini, kalau saya masak, takarannya suka seenak hati & lidah. Ngga pernah dihitung/ditakar. Jadi ngga bisa bilang garamnya sekian sendok, bawangnya sekian siung, cabenya segini.. Hmm.. Mungkin nanti kalau saya rajin saya tulis deh (perkiraan) takarannya kaya apa. :)

Nah, berhubung saya kalau masak biasanya kalau lagi ngidam sama masakan tertentu tapi tak kunjung mendapatkannya, jadi saya pasti semangat sekali makan masakan saya itu. Contohnya kaya cumi saus padang ini. Udah mah saya ngidam pengen cumi, tadi saya masak dalam kondisi lapar pula. Wuih.. Begitu masakannya beres, asli deh, NIKMAT banget makannya! :) Mungkin karena masaknya pake hati kali ya.. Ditambah lapar + kepulan nasi yang menambah selera makan. :D

Ternyata oh ternyata, mau masakan sesederhana apapun, tapi kalau kita masak sendiri dan masaknya dengan penuh dedikasi (halah! :D), masakan kita rasanya jadi NIKMAAAAAAAAAT banget deh. Ayo masak yo! :)

______________

tulisan ini didedikasikan untuk Wirya Adiwena, Mas tersayang di negeri Union Jack sana yang memberikan reaksi : “HAH? EMANG BISA MASAKNYA?” ketika saya bilang saya mau masak cumi saus padang. :D

3 thoughts on “Nikmatnya Makan Masakan Sendiri :)

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s