Budaya · Random · Yang Sering Terjadi

Sssssst.. Ini RAHASIA!

“eh tapi janji ya, ini RAHASIA! jangan bilang siapa-siapa looh..”

“iya iya..”

“bener ya, ini RAHASIA.. awas loh kalo orang-orang pada tau..”

” iya iyaaaa.. jadi gimana gimana?”

Kurang lebih itu tadi sepenggal percakapan dari gadis-gadis SMP yang saya temui di angkot. Sejak mereka duduk (jumlah mereka kurang lebih 6 orang), angkot langsung ramai dengan celotehan khas anak SMP. Yang menarik perhatian saya, karena saat mereka dengan semangat ’45 berbagi cerita dengan teman lainnya, mereka sering sekali menggunakan kata RAHASIA.

Sepertinya mereka harus membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia bagian yang ini:

ra.ha.sia
[n] sesuatu yg sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain: ia mencoba mengorek — temannya, tetapi tidak berhasil; (2) n sesuatu yg belum dapat atau sukar diketahui dan dipahami orang: — alam; (3) n sesuatu yg tersembunyi: pintu –; (4) n cara yg setepat-tepatnya (biasanya tersembunyi atau sukar diketahui); kiat: dl buku itu diterangkan — bermain sulap; (5) n sesuatu yg dipercayakan kpd seseorang agar tidak diceritakan kpd orang lain yg tidak berwenang mengetahuinya; (6) a secara diam (sembunyi-sembunyi); tidak secara terangterangan (tt perkumpulan): gerakan —

Apakah penumpang lain di angkot termasuk orang yang berwenang mengetahui rahasia kita? Hmm.

Saya beberapa kali mengalami kejadian ini loh. Bukan cuma tentang rahasia-rahasiaan ini. Dulu malah pernah ada ibu-ibu yang ngobrolin (aib/jeleknya) keluarganya di angkot. Dan semua yang ada di angkot terpaksa mendengarkan. Kadang asik juga sih ngedengerinnya, sekalian hiburan di angkot. :D Tapi kadang sering juga cerita-cerita angkot ini mengganggu karena tidak sepatutnya didengarkan oleh seisi angkot.

Jadi kalau lagi di angkot atau tempat umum lainnya, ya usahakanlah ngga usah ngobrolin masalah-masalah sensitif/rahasia dengan volume suara yang bombastis. Kan kita ngga tau, siapa aja orang di sekeliling kita. Siapa tau mereka ada hubungannya sama apa yang kita omongin kan? :D

Oya, ini kutipan perbincangan anak-anak SMP di angkot saya kemarin:

“eh kamu tadi di bioskop jadian ya? gimana ceritanya?”

“jangan bilang-bilang sama orang lain loh ya.. RAHASIA ah pokonya mah..”

“iya iya..” (suara anak-anak SMP yang banyakan itu)

“iya, aku udah jadian. RAHASIA yaaaa..”

“siiiip.. pasti atuh ini mah RAHASIA kita..”

“awas loh kalau di sekolah nanti pada tau.. janji ya RAHASIA..”

“ngga lah.. janji janji! RAHASIA.. kamu juga biasa aja di sekolah jangan sampai ketauan udah jadian sama dia..”

Reaksi saya selama percakapan mereka? Langsung tercetus ide buat datengin sekolah mereka, manggil satu anak, bocorin RAHASIA ini. :D Hehehehe.. Saya kan ngga termasuk orang yang disuruh ‘janji’ jangan bilang siapa-siapa.. :D

2 thoughts on “Sssssst.. Ini RAHASIA!

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s