Indonesia

Tour de Borneo #1 : Jakarta-Pontianak-Teluk Melano

Haloooo..
Sekarang saya lagi di Teluk Melano nih. Have no idea where is it? Silakan cari di peta ya.. :D Tulisan ini edisi pertama dari tulisan tour de Borneo saya. :) Ngga tepat juga sih judulnya Tour de Borneo, secara cuma ke beberapa tempat aja. :D

Teluk Melano adalah salah satu desa di Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. :) Tidak ada yang spesial dari desa ini hingga saya memilih untuk mengunjunginya. Alasan saya datang karena mengantar kakak dan ponakan-ponakan. Kakak kebetulan sedang menjalani PTT Dokter Gigi disina.

Perjalanan ke Teluk Melano ini panjaaang. Melewati darat-udara-darat-sungai-laut-sungai-darat. :)

Dari Jakarta, kami naik pesawat ke Pontianak. (bleh, saya ga suka pesawat yang saya tumpangi kemarin.. pusing, kecil, berisik. -_-‘) Kalau mau cari tiket murah ke Pontianak, jangan pas musim Imlek kaya sekarang ini, soalnya harga tiketnya jadi mahal. :( Banyak orang yang mudik dari Jakarta ke Pontianak nih pas Imlek.. Seru juga naik pesawat bareng 2 bocah-bocah batita. Riweuh! :D

Kakak Aisyah with her travel bag. ;)

Dari Bandara Supadio (yang sebenarnya bukan berada di kota Pontianak, melainkan di Kabupaten Kubu Raya), perjalanan dilanjutkan naik taksi ke pelabuhan kecil tempat speed boat menunggu. Pelabuhan ini terletak di desa Rasau Jaya. Jalan dari bandara ke pelabuhan ini jelek deh. Jadi lumayan off road. Yaaa.. Sama lah ya sama mayoritas jalan di Bandung sekarang. :D

Dari bandara-pelabuhan butuh waktu kurang lebih satu jam kalau taksinya ngebut. Harga taksi dari bandara ini Rp. 150.ooo. (pesan taksinya di bandara) Kemarin sempat drama juga nih soalnya kami mendarat jam 11 lebih, sedangkan speed boat berangkat jam 12.00. Waktu kakak saya telepon abang-abang tiketnya di pelabuhan katanya sih bakal ditungguin. Jadilah taksi kami ngebut banget. Alhamdulillah jam 1 siang sampai pelabuhan. Ngga lama speed boat pun berangkat (diiringi sedikit omelan penumpang dan abang supir speed boat yang nungguin kami. hehe.. makasih yaaa.. :D)

Perjalanan naik speed boat ini normalnya memakan waktu sekitar 3-3,5 jam. Kalau airnya pasang, bisa lebih lama. Atau kalau.. speed boat nya mogok! Bisa sampai 5 jam perjalanan.

Speed boat ini berjalan mengarungi bagian dari Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia yang konon panjangnya bisa beberapa kali panjang pulau Jawa! Lalu dari sungai, lanjut ke Selat Karimata (atau laut apa gitu ya? :-? ) Asik banget deh itu pengalaman naik speed boat nya. Goyang-goyang gelombang & angin kencangnya bikin melayang. Hehehe. Ditambah pemandangan sepanjang jalan yang baguuus dan unik. Unik buat saya yang diem di Bandung ya.. Buat yang tinggal di Kalimantan mungkin biasa aja. :D

wuih itu buih-buihnya.. asik! :D
sungainya lebaaaaaaaar. :O
ini dia bagian selat (laut?) nya!

 

Tolong dimaklumi ya fotonya seadanya. Ini pake teknologi kamera ponsel yang hanya 2 megapixel sih Nanti diunggah deh foto dari kameranya. Eh tapi pas berangkat saya emang ngga banyak foto-foto, dikarenakan harus ngurusin 2 batita nan heboh. :D

Tapi terlihat kan gimana lebaaaarnya itu sungai dan kebayang ga asiknya naik speed boat 4 jam diatasnya! :) Di tengah perjalanan kami berhenti buat istirahat. Nama rest area nya Batu Ampar. Lumayan deh bisa menyegarkan diri beberapa menit sebelum kembali terlonjak-lonjak diatas air. Hehe.

Berangkat jam 1 siang, kami sampai di rumah dinas kakak sekitar jam 5. Jadi total perjalanan dari Jakarta sekitar 7,5 jam. Alhamdulillah kedua ponakan batita saya anteng selama di perjalanan. Sedikit insiden kecil pas pesawat mau take off, dua-duanya pengen duduk sama Ummi mereka. Nah loh. Akhirnya saya dan kakak sempat tukar-tukaran anak selama pesawat jalan di landasan. :D

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran saya begitu sampai di Teluk Melano?

Laskar Pelangi! :D

Nanti lanjut ya ceritanya.. Dengan foto yang lebih indah pastinya. (soalnya udah bebas pake kamera tanpa degdegan ponakan loncat ke sungai :D)

 

tulisan ini saya tulis pertama kali tanggal 22 Januari, via ponsel. tapi karena karakter huruf di ponsel terbatas, jadi tulisan yang pertama pendek banget dan ga pake foto. ini versi lengkap dari Teluk Melano #1. :)

8 thoughts on “Tour de Borneo #1 : Jakarta-Pontianak-Teluk Melano

  1. Pengalaman yang sama tapi aku sudah lama tapi rutenya kok masih sama aku juga naik speed boad aku sudah pada th 90 an

    1. halo Mia.. wah, tinggal di Teluk Melano ya? kakak saya dulu dokter & dokter gigi di Puskesmas sana, baru balik ke Bandung beberapa bulan kemarin.. :)

    1. ini kurang jungle sih mba.. hehe.. saya sebenernya pengennya ke tempat PTT pertama kakak saya.. itu katanya baru beneran the real jungle di Kalimantan. ;)

Komentar

