Indonesia

Tour de Borneo #2 : Teluk Melano (1)

Lanjutan dari sini.. :)

Perhatian: tulisan ini akan panjang oleh foto-foto. :D

______________________________

Reaksi pertama saya begitu turun dari speed boat dan menginjakan kaki di desa Teluk Melano adalah: tempatnya mirip gambaran Laskar Pelangi! :D Ini pemandangan pertama yang saya temui:

pasar Teluk Melano

Begitu turun dari pelabuhan (bukan pelabuhan besar ya.. cuma pelabuhan kecil tempat speed boat berhenti), kita akan disambut oleh pasar Teluk Melano. Penampakannya kaya foto diatas. Mirip Laskar Pelangi kan? Lengang dan banyak warung kopi nya! Eh, apa? Ga mirip? Ya gapapa deh, pokonya yang pertama ada di pikiran saya pas liat desa ini ya kaya Laskar Pelangi. :D

Kehidupan saya selama seminggu di desa Teluk Melano sebetulnya monoton. Karena niatnya emang buat nemenin kakak & ngasuh ponakan. Baik ya? :D Sebetulnya pengen deh berpetualang ke hutan Kalimantan begitu. Kata kakak saya, di gunung sekitar sana ada tempat untung konservasi Orang Utan! Ada dari Kementrian Kehutanan dan LSM-LSM yang isinya bule-bule. Tapi ngga semua bisa masuk ke tempat itu. Kakak saya bisa aja nitipin saya ke orang patroli hutan, tapi waktunya ngga ada euy. :( Ada rencana juga buat berkunjung ke pulau-pulau kecil di sekitar Teluk Melano. Tapi selain karena ngga ada waktu, izin juga ga 100% saya dapat dari kakak, soalnya cuacanya lagi labil. -_-‘ Agak serem kalau harus naik kapal kecil nyebrang-nyebrang pulau.

Nah kali ini saya mau tulis tempat-tempat yang sering saya singgahi selama seminggu disana:

Puskesmas Teluk Melano, tempat praktik kakak & kakak ipar saya

Ini Puskesmas-nya.. Sejujurnya ini di luar ekspektasi saya. Saya kira si kakak tempat praktiknya menyedihkan. Hehe.. Tapi ternyata lumayan loh. Di belakang gedung ini ada gedung juga untuk pasien rawat inap. :) Seingat saya ada 3 dokter umum (salah satunya kakak ipar saya) dan 1 dokter gigi (kakak saya) yang praktik disana. Kalau perawat dan bidan sih banyak.

jembatan

Nah.. Ini jembatan penting. Menghubungkan desa Teluk Melano dengan Rantau Panjang. Kenapa penting? Karena dari Rantau Panjang ini ada jalan untuk ke ibukota Kabupaten Kayong Utara, Sukadana. Semacam by pass gitu. Selain itu dari Sukadana nanti bisa lanjut ke kota yang lebih besar dikit, Ketapang. Ada apa di bawah jembatan ini? Ada..

parkiran Puskesmas Terapung! buat dokter kunjungan keliling pulau-pulau kecil
teluk! sungainya lebaaar banget ya.. :O

Kalau pagi hari, banyak orang jogging lewat jembatan ini. Kadang anak-anak muda juga nongkrong disana. Bergaul gitu deh. :D Daaan pemandangan sunrise & sunset nya baguuuuuus..

sunset! cantiiik!
sunrise! cantik jugaa..

Subhanallah sekali lah liat matahari terbit-tenggelam dari jembatan disana. Kereeeen. :’)

Sekian dulu ya edisi Teluk Melano (1). Pusing ga sih baca judul tulisan ini? Udah pake #2, pake (1) pula. Hehehe.. Soalnya kalau mau ditambahin semua foto Teluk Melano nya, nanti tulisan ini kepanjangan, males kan bacanya? Saya juga lagi males lanjutinnya. Bingung pilih foto buat ditampilin. :) Tunggu cerita lainnya nanti yaaaaa..

7 thoughts on “Tour de Borneo #2 : Teluk Melano (1)

  1. iya..titp salam trims buat kakak2nya yg udh berikan sesuatu buat melano.alhadullah, banyak perubahan pelayanan kes di pusk melano..kai apresiasi utk itu.n jlang fitri, kami mhon maaf kalo byak salah yang kami buat…

  2. asyik jg kita orang teluk melano baca komentar ‘polos’ soal melano…kalo bisa sering2 dong, biar kita bs ‘berkaca’ lebih banyak.

    1. halo bang Isya! salam kenal. :)
      wah dari Melano ya? saya cuma sempat sekali kesana mengunjungi kakak yang PTT disana. mudah-mudahan nanti ada kesempatan kesana lagi.. :)

Komentar

