Budaya · Indonesia · Yang Sering Terjadi

Renungan Adzan :)

Subhanallah, begitu banyak tanda – tanda kebesaran-nya di alam semesta ini. Adzan telah dikumandangkan dari beribu surau dan masjid

Dunia memiliki perbedaan waktu antara satu wilayah dengan wilayah lain

Sebelum Adzan subuh sempat berkumandang di wilayah terbarat benua Afrika, Adzan Dhuhur pun siap berkumandang menjelajah belahan dunia lainnya.

Sementara kumandang Adzan Dhuhur belum sempat terdengar kembali di bagian timur Indonesia, Adzan Ashar telah siap menjelajah belahan dunia lainnya.

Saat gema Adzan Ashar belum selesai, Adzan maghrib telah merambah Bumi ini. Selang beberapa saat Adzan Isya’ pun siap melanjutkan.

Ketika gema Adzan Isya’ belum selesai di benua Amerika, Adzan Subuh sudah kembali terdengar di sebagian wilayah Indonesia.

Seiring bergantinya siang dan malam ternyata Adzan akan selalu berkumandang di bumi ini.

Tanpa kita sadari, para muadzin di seluruh penjuru dunia ini tak henti – hentinya bersahutan mengumandangkan adzan.

Insya Allah gema Adzan akan terus mengawal dunia berputar hingga akhir zaman.

Adakah yang ngga merinding ketika mendengar & melihat cuplikan adzan maghrib di MetroTV ini? Lebih tepatnya ketika membaca teks yang jadi latar adzan itu?

Kalau saya sih, merinding. :’)

Pasti banyak dari kita yang ngga sadar bahwa gema suara adzan memang terus menemani bumi ini berputar. Nah kan, merinding ga sih? Dunia ini berputar, terbagi dalam begitu banyak zona waktu yang berbeda, pagi-siang-malam terus berganti, tapi ada satu yang sama: setiap saat ada kumandang adzan yang berarti setiap saat ada orang yang melakukan shalat.

Subhanallah sekali ya. Jarang kita ngeh sama hal kaya gini. Saya juga ngeh-nya pas kemarin ngga sengaja liat cuplikan adzan maghrib di MetroTV ini. Saya cuma lihat bagian akhirnya aja. Sampai penasaran pengen liat dari awal apa kalimat-kalimat yang tertulis disana, akhirnya nemu di youtube. Daaan setiap dibaca ulang, masih merinding. :’) Entah saya yang berlebihan atau emang bikin merinding sih ini? Hehe..

Oya, ngomong-ngomong soal adzan, Muslim di Indonesia beruntung loh bisa mendengar suaranya setiap 5 kali sehari. Meski kadang (hayo ngakuuu) pasti pernah merasa ‘terganggu’ karena suara adzan. Adzan dari mesjid di Indonesia kan spektakuler ya. Suaranya keras, dan kadang pakai improvisasi.

Misalnya kalau adzan subuh di mesjid dekat rumah saya ada bapak-bapak yang manggil-manggil nyuruh bangun. Sambil bilang “waktu subuh sekian menit lagi..” berulang-ulang dari satu jam sebelumnya. Jujur, kadang kalau baru tidur 1-2 jam, pengen banget tutup kuping. Hehe. Jadinya lebih ampuh dibangunin orang rumah daripada suara si bapak mesjid. Salut banget lah sama bapak mesjid ini. Insya Allah pahalanya besar ya pak, membangunkan orang-orang yang terlelap buat shalat.. Amiin. :)

Nah, umat Muslim di Indonesia ini beruntung bisa mendengar adzan karena paling tidak, 5 kali sehari setiap waktu shalat kita diingatkan oleh para muadzin itu. Entah setelahnya kita langsung shalat atau bahkan ‘lupa’ ga shalat (ya ampun jangan dong.. :) ), yang pasti kita selalu diingatkan.

Terakhir, trust me, suara adzan yang gampang didengar di Indonesia ini akan sangat kita rindukan ketika kita sedang ke luar negeri terutama untuk waktu yang tidak sebentar. Dan kalau kalian gampang terharuan seperti saya, niscaya ketika mendengar adzan di luar sana akan banjir air mata. :D

Pesan moral dari tulisan ini sih sebenernya : jangan lupa shalat. ;)

One thought on “Renungan Adzan :)

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s