Indonesia · Random · Saya Suka!

Perpustakaan di Mall

Kemarin saya menemukan pemandangan baru nih di Bandung Indah Plaza (BIP). Ceritanya sambil nunggu teman, saya jalan-jalan ke bagian yang jarang saya datangi. Bagian belakang di lantai 2. Eh ternyata saya nemu ini nih..

image

PERPUSTAKAAN!

Hee? Saya sampai dua kali mastiin kalau ini tuh memang2 perpustakaan. Ternyata benar, tulisannya BIP Library Mall. :D Lokasinya di sebelah salon Christopher (?), di seberang Matahari. Nyempil, di pojokan.

Karena penasaran, saya masuk. Sepi, cuma ada satu teteh-teteh yang jaga. Saya ngobrol deh sama dia. Namanya Teh Ade (kalau ngga salah :D).

Ternyata si perpus ini udah ada dari dua tahun lalu! Wew. Kemana aja saya kok baru tau. :| Tapi dulu lokasinya lebih nyempil lagi daripada yang sekarang. Baru awal tahun dapat tempat di lokasi sekarang. Menurut saya sih lumayan enakeun dan luas. Selain di BIP, ada juga di Istana Plaza.

Perpustakaan ini salah satu program dari pemerintah yang namanya RB3 (Rintisan Balai Belajar Bersama). Jadi di dalamnya ngga cuma perpustakaan loh. Ada ruangan yang dijadikan ruang belajar. Kata Teh Ade, disana ada program persiapan TOEFL, kelas bahasa Inggris, sampai lomba debat juga ada. :)

Siapa sasarannya? Pengunjung BIP dan (yang lebih utama) para pekerja di BIP. Kata Teh Ade, mba-mba dan mas-mas penjaga toko di BIP banyak yang datang kesana untuk baca buku atau koran. Buat mereka yang kerja di BIP, si buku atau korannya boleh dibawa ke tempat kerja. Jadi sambil nunggu pelanggan bisa sambil baca buku/koran. Pas saya disana ada 2 mba- mas yang datang pinjam koran. :)

Nah dari sana udah nemu apa tujuan dari perpustakaan di mall ini kan? ;)

Iya.. Tujuan utamanya untuk menggiatkan minat baca ke semua kalangan. Mba-mas penjaga toko ini pasti deh kesehariannya banyak digunakan untuk nunggu ga jelas. Jadi menurut saya ide peminjaman buku/koran untuk mereka baca sambil nunggu itu bagus banget! :)

Eh iya, tapi ngga cuma pekerja di BIP aja yang boleh ke perpustakaan ini. Pengunjung juga boleh kok. Lumayan bisa baca-baca buku sambil selonjoran kaki dan jauh dari keberisikan mall. (makanya tempatnya terpencil. supaya ga berisik) Koleksi bukunya ga terlalu banyak sih. Tapi bervariasi mulai dari buku resep, novel sampai komik. :)

Eh iya (lagi), jadi ini kan program pemerintah. Tapi pelaksanaannya lewat LSM gitu. Salah satunya LSM punyanya mba Hughes. Namanya lupa. :| Saya nanya bisa ga jadi volunteer atau bantu apa gitu. Kata dia dateng aja sih kalau mau. Tapi yang tugas disana udah ada yang ngatur. Katanya sih mahasiswa UPI suka banyak yang datang kesana juga.

Saya suka idenya.. Mulia sekali ya. :’D Tapi sayang deh kurang publikasi. Jadi saya yakin nih pasti dari 1000 pengunjung BIP paling cuma 10 yang tau keberadaan perpustakaan ini. Yang penting semoga mba-mas pekerja di BIP bisa manfaatin peminjaman buku ini deh ya. Supaya mereka makin dekat dengan membaca. :) Setelah perpustakaan di mall, kayanya perpustakaan di terminal atau stasiun bagus juga ya? ;) *tring! ide baru*

Ayo kalau ke BIP atau Istana Plaza, coba mampir ke perpustakaan ini yaa.. :)

Btw soal info perpustakaan ini CMIIW ya.. ini Teh Ade jelasinnya pake suara halus binti pelan. Aga ga jelas juga. :D

Posted from WordPress for Android

Komentar

