#ceritaSSEAYPanti · ASEAN-Japan · SSEAYP

Prolog #ceritaSSEAYPanti (0)

Setelah 5 tahun akhirnya saya mau nulis cerita perjalanan SSEAYP saya. Sejak di program pun udah nyicil tulisan sih, tapi begitu beres program dan mau nulis lagi, yang ada bawaannya malah sedih sendiri. Buka folder SSEAYP di laptop, harusnya cuma 1-2 menit, malah panjaaaaaaang jadi 1-2 jam. :| Ini nih salah satu gejala SSEAYP sick yang diderita sama alumni program. Akhirnya ya ngga berhasil deh program nulis cerita buat dimasukin koran, majalah, atau blog. :(

Nah, sekarang SSEAYP ke-40 lagi berlangsung. Besok mereka mulai perjalanan berlayar dari Jepang keliling Asia Tenggara, pakai kapal Nippon Maru yang baru. Ini nih yang bikin saya tergerak buat jadiin tulisan soal SSEAYP. Gara-gara tadi pagi liat foto-foto new Nippon Maru berseliweran di Fb, Twitter, Instagram, Whatsapp! Hadeuuuuh. Susah nahan diri buat ngga nangis-nangis liat kapal tersayang diisi sama orang-orang yang bukan saya dan teman-teman angkatan *lebay dan egois*. Tapi akhirnya saya berhasil nahan air mata dan mengalihkannya dengan (nyebarin foto new Nippon Maru di Whatsapp biar temen-temen saya aja yang nangis :D) yang sekarang saya lakukan: nulis kembali cerita SSEAYP saya. :)

Iya, #ceritaSSEAYPanti, soalnya cerita ini cerita versi saya. Masih ada ratusan cerita lain dari teman-teman seangkatan saya, dan ribuan cerita lain dari alumni SSEAYP sejak 1974. :)

Terus, SSEAYP itu apa?

Singkatnya, SSEAYP (Ship for South East Asian Youth Program) ini program pertukaran pemuda Jepang dengan negara-negara ASEAN. Pesertanya ada kurang lebih 330 pemuda, ditambah National Leader dan staf (panitia) dari Jepang, total sekitar 400 partisipan setiap tahunnya. Programnya ngapain aja? Selayaknya program pertukaran lainnya sih, intinya buat numbuhin mutual understanding antar pemuda Jepang-ASEAN. Isi programnya ada diskusi, penampilan kesenian, kunjungan kenegaraan, pameran, dan kegiatan-kegiatan pertukaran budaya lainnya. Sponsor utamanya pemerintah Jepang melalui Cabinet Office (kantor perdana menteri Jepang), didukung sama pemerintah negara-negara ASEAN. Tapi dana program dari Jepang sih. Programnya udah ada dari tahun 1974. Dan yang bikin spesial karena.. Selain berlangsung di Jepang dan 4 atau 5 negara ASEAN terpilih, setengah perjalanan SSEAYP berlangsung di atas kapal pesiar Jepang! :) Nanti saya ceritakan soal kapal ini yaa.. Total waktu program kurang lebih 52 hari. Jadi peserta keliling Jepang dan ASEAN naik kapal, buat berhenti di negara-negara port of call.

Seru ya? :) Bangeeeet!

Dulu pulang program niatnya pengen berbagi cerita ini lewat media massa di Jawa Barat. Tapi karena kalau sekarang udah basi banget :D, jadi biar cerita saya ini saya bagi lewat blog aja. Mau ada yang baca atau ngga, tulisan ini insya Allah bisa jadi pengingat saya buat bersyukur karena bisa dapet kesempatan ikut SSEAYP. :) Mudah-mudahan juga bisa memuaskan orang-orang yang dari dulu masuk ke blog saya lewat kata kunci “tips lulus seleksi PPAN Jawa Barat” dll. :D Halo semua salam kenal! :D

Mari kita baca bismillah dan mulai proyek nulis ini. Doakan saya sukses nulis dari awal sampai akhir tanpa nangis darah kangen program yaa.. :D

Salam dari Laut Cina Selatan,

#0 foto SG sport deck
anak laut :)

#ceritaSSEAYPanti
(1) — Pinguin Berbulu Merak

#ceritaSSEAYPanti
(2) — 50-20-10

#ceritaSSEAYPanti
(3) — Pagi di Jalan Merdeka

One thought on “Prolog #ceritaSSEAYPanti (0)

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s