Apa Saja · Catatan Fatiha

Geng Main Pilihan Fatiha

 

Siapa yang menganut aliran ‘boneka itu mainan perempuan, bola itu mainan anak laki-laki’?

 

Awalnya

Akhir-akhir ini saya jadi kepikiran soal gender dan mainan (atau permainan) anak. Gara-garanya Fatiha kalau main di taman komplek lebih seneng nyamperin geng anak-anak laki. Geng kakak-kakak sih lebih tepatnya. Biasa kan ya, usia SD anak-anak lagi nge-geng berdasarkan jenis kelamin. Nah tiap sore kalau main ke taman, Fatiha pasti lebih tertarik nimbrung kakak-kakak laki main bola, pasir, sepeda, perang-perangan, atau nongkrongin kakak-kakak latihan skateboard. Untung kakak-kakaknya nerima aja ada anak bayi besar ikutan gabung hahaha. Walau kadang kalau udah ‘terganggu’ mereka bilang “Tante, itu adenya ke sana dulu ya…”

Terus masalahnya apa?

Masalah bukan masalahnya adalah… Gara-gara hobi ini, Fatiha sering banget dapet cap ‘anak tomboy‘ dari ibu-ibu atau mba pengasuh di komplek. Biasanya kalau liat Fatiha ikut ngejar bola atau manjat-manjat di taman, mereka bilang ke saya “Fatiha senengnya mainan kaya anak laki yaaa…” Apalagi rambut Fatiha masih pendek banget, jadi sering juga ditambahin “Rambutnya kaya gini jadi kaya anak laki banget yaaa…”

Sering kan ya kita denger yang kaya gini? Dulu saya sih biasa aja, eh kok pas kejadian di anak jadi suka kepikiran. Jadilah dulu saya suka kasih ‘pembelaan’ misalnya “Fatiha tapi suka kok di rumah main boneka, mainin make up, nyanyi-nyanyi…”. Yang mana itu bener semua sih. Atau sering juga saya sengaja pakaikan rok atau dress kalau Fatiha main di taman. Biar kelihatan lebih feminim gitu…

Gemes sih, karena saya dan suami ikut aliran anak boleh main apa aja (asal ngga bahaya dan susah beresinnya hahaha). Jadi biasa aja liat anak manjat teralis lalu main ibu-ibuan, atau main bola di rumah lalu konser sejam. Jadi gemes soalnya orang-orang yang komen kan ngga lihat kalau Fatiha main ‘mainan perempuan’ juga kok… Kalau lagi main make up bisa serius banget, kalau saya masak juga bisa serius ikut-ikutan.

Eh, loh, tapi kalau gitu berarti saya juga masih ngebagi mainan anak berdasarkan gender dong ya? Muter deh hahaha. Jadilah sekarang saya udah ngga pernah jawabin lagi, cuma senyum aja atau bilang “Fatiha emang suka main bola, alhamdulillah aktif anaknya… Sukanya lari-lari…” Dan soal pakaian main ke taman komplek justru malah lebih nyaman pakai celana aja biar ngga ribet kalau manjat-manjat.

Terus saya masih penasaran kan kenapa kalau ada pilihan geng kakak perempuan atau laki di taman, Fatiha lebih milih geng laki? Padahal di Bandung hobinya main sama kakak-kakak sepupu perempuan, terus geng perempuan komplek ini malah suka ngajakin Fatiha main (dan berujung bilang “Yah Tante, Fatihanya ngga mau…” hahaha). Setelah saya lihat, kayanya Fatiha lebih milih geng laki karena permainan mereka lebih nyata untuk Fatiha dan bisa dia ikuti. Mainnya kan main bola, pasir, lari-larian, semua yang Fatiha udah bisa. Nah, si geng kakak perempuan ini kayanya lagi di masa berkhayal seperti main konser-konseran jadi artis, salon-salonan dan sejenisnya. Mainan yang Fatiha belum nyambung dan belum bisa mengikuti.

Saat ini buat Fatiha main gali-gali pasir lebih menyenangkan daripada duduk-duduk atau main salon-salonan.

 

Sesederhana itu sih (kemungkinan) alasannya, karena Fatiha maunya ya main bola dkk, yang kebetulan dimainkannya sama geng kakak-kakak laki. Mungkin besok kalau sudah bosan main bola Fatiha bakal gabung sama geng kakak-kakak perempuan. Yang pasti sampai sekarang kami ngga pernah mengajarkan Fatiha soal ini ‘mainan laki atau mainan perempuan‘. Lain urusannya ya sama perbedaan laki-laki dan perempuan. Itu sih bahasan lain dan kami punya pegangan dasarnya.

Akhirnya

Kalau soal mainan apa saja yang dimainkan Fatiha sih sebenarnya standar ya. Standar orang tua baru jaman sekarang: ekpektasi seperti di Pinterest, kenyataannya tergantung mood anak. Udah banyak yang bahas sih kalau soal ini. Karena akhirnya kalau urusan main, prinsipnya balik lagi ke awal: anak akan memilih sendiri apa yang ingin dia mainkan, dan mereka punya hak untuk itu. Kita sebagai orang tua sih jadi fasilitator aja. Mau bikin mainan sendiri, beli, atau bahkan pinjam, kasih aja yang terbaik yang bisa kita berikan untuk mereka. Jadi bukan masalah lah anak perempuan mau main mobil-mobilan (Fatiha suka sekali sama mobil polisi dan ekskavator!), anak laki-laki mau masak… (Ini agak heran sih kenapa masak identik sama perempuan padahal profesi koki banyakan laki)

Pokoknya buat saya sih:

“Mainlah apa yang kamu mau mainkan, Nak… Asal tidak berbahaya dan Ibu ngga riweuh beresinnya!”

Ah! Akhirnya bisa ikutan juga #Modyarhood nya Teh Okke dan Puty. Beberapa draf untuk tema bulan-bulan lalu masih kesimpen tanpa sempet diberesin hahaha. Yang ini pun injury time 40 menit sebelum jam 12 malam. Dipaksain nunggu Fatiha tidur karena emang lagi geregetan sama komentar soal mainan anak perempuan dan laki ini. Plus karena anaknya baru minggu lalu udah ulang tahun ke-2, masa Ibunya kelamaan hiatus nulis blog :’)

Selamat bermain dengan anak!

Kalau kira-kira bakal ribet beresinnya mendingan pilih mainan lain aja :p

Advertisements

2 thoughts on “Geng Main Pilihan Fatiha

  1. Hi Tika, dah mayan lama ga nulis, tau2 bocahnya udah gede aja. Si Abby juga somehow kalau di sekolah lebih sering keliatan kejar2an sama anak cowo, tapi main sama anak cewe juga ga masalah. Kalau dilihat dikelasnya dia pas pagi2, kayaknya ga gitu kumpul berdasarkan gender, tapi berdasarkan interest. Jadi ya mereka ngerubungin toys bareng2 cowo dan cewe.

    1. Mba le! Haloo hehe. Iya nih, kalau aku liat ponakan sih SD lagi suka geng gengan cewe cowo gitu di kelasnya. Terus jadi inget dulu aku pun usia segitu kaya gitu. Jamannya suka ejek-ejekan cewe cowo :))

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s